Kamis, 29 November 2007

Bunga Bangkai Bikin Heboh Warga Donggala

Palu,beritapalu.com - Mekarnya Amorphophalus Titanium atau yang lebih dikenal dengan sebutan bunga bangkai di Lolu, Donggala Sulawesi Tengah menghebohkan warga setempat. Bunga berbau busuk itu pun menjadi tontonan warga. Bunga bangkai itu mekar di halaman seorang warga. Bunga ini tergolong bunga langka dan mirip dengan padma raksasa atau Raflessia Arnoldi yang tumbuh di kawasan hutan Sumatera dan jarang ditemukan di kawasan lainnya di Indonesia.

Sejak pagi hari tidak kurang dari seratus warga setempat anak-anak sekolah maupun orang yang lalu lalang di jalan di dekat lokasi tumbuhnya bunga bangkai tersebut datang dan melihat bunga yang menyebarkan aroma busuk seperti bangkai ini. Ada pula yang memotretnya dengan kamera telepon genggam. Lantaran banyaknya orang yang datang ingin menyaksikan bunga itu jalanan di dekat lokasi bunga bangkai ini mekar langsung macet.

Menurut Amirah semula ia tidak tahu ada bunga tersebut di halaman rumahnya. Ia baru tahu setelah anaknya dating.

Garis tengah bunga bangkai ini sekitar 50 centimeter dengan tinggi 60 centimeter. Diperkirakan bunga bangkai ini mekar Rabu dinihari tadi.

Saat ini karena tahu bunga itu langka dan menarik perhatian warga setempat amira kemudian memagari bunga itu agar tidak diganggu oleh ternak. Diperkirakan bunga bangkai tersebut akan mekar hingga tiga minggu mendatang, setelah itu kemudian layu.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More