Minggu, 23 November 2008

Akibat Gempa, Anak-Anak Buol Tak Bisa Sekolah


BUOL - Ratusan anak-anak di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah, hingga kini tidak bisa bersekolah setelah sejumlah bangunan sekolah di tempat itu hancur diterjang gempa berkekuatan 7.7 skala richter. Anak-anak tersebut saat ini tinggal di tenda-tenda pengungsian.

Kondisi sejumlah anak-anak di tiga kecamatan di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah, terpaksa meninggalkan bangku sekolah akibat bencana gempa berkekuatan 7,7 skala richter yang mengguncang wilayah itu.
Anak-anak ini terpaksa tidak bisa bersekolah setelah bangunan rumah mereka luluh lantak diguncang gempa. Selain itu, sejumlah sekolah di tiga kecamatan mengalami kerusakan parah. Akibatnya, sekolah-sekolah itu terpaksa meliburkan muridnya.
Kebanyakan anak-anak itu kini berada di tenda-tenda darurat di pengungsian. Mereka mengaku belum mau bersekolah karena masih trauma dengan gempa dan sekolahnya hancur.
Dari data yang diperoleh dari Pemerintah Kabupaten Buol, puluhan bangunan sekolah di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Lipunoto, Kecamatan Bunobogu dan Kecamatan Paleleh, rusak berat akibat gempa. Bangunan sekolah itu tidak bisa digunakan lagi setelah dinding dan atapnya roboh.
Saat ini pemerintah kabupaten buol sedang menginventarisir kembali jumlah sekolah yang rusak. Diperkirakan, jumlahnya masih akan bertambah karena ada beberapa desa yang belum terdata kerusakannya.
Selain sekolah, sejumlah fasilitas umum juga rusak akibat gempa tersebut. Fasilitas umum yang mengalami kerusakan yakni puskesmas, puskesmas pembantu, pos kesehatan desa, kantor camat, kantor desa, polsek/ koramil dan masjid.(abdee)


0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More