Minggu, 23 November 2008

Ribuan Rumah di Buol Hancur Akibat Gempa


BUOL - Ribuan rumah warga di empat kecamatan di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah, luluh lantak akibat gempa berkekuatan 7,7 skala richter yang mengguncang daerah Kabupaten Buol. Hingga selasa kemarin/ ratusan warga masih mengungsi di sejumlah tempat ketinggian.


Dua kecamatan yang paling parah dihantam gempa adalah Kecamatan Bunobogu dan Paleleh. Dua kecamatan itu mengalami kerusakan paling parah akibat gempa berkekuatan 7,7 skala richter (sr) yang terjadi pada Senin dini hari.
Dari data yang diperoleh dari pemerintah Kabupaten Buol, sebanyak 1.440 rumah warga, rusak parah, bahkan ada yang rata dengan tanah. Kerusakan terparah terjadi di Kecamatan Bunobogu.
Menurut Bupati Buol, Amran Batalipu, kerugian yang dialami akibat gempa tersebut berkisar puluhan miliar rupiah. Hingga selasa kemarin, sejumlah warga yang menjadi korban gempa belum mendapat bantuan dari pemerintah. Meski demikian, pemerintah Kabupaten Buol sudah menyalurkan sejumlah bantuan dari dana darurat.
Sejumlah fasilitas umum juga rusak akibat gempa tersebut. Fasilitas umum yang mengalami kerusakan yakni gedung sekolah (SD hingga SLTA),puskesmas, puskesmas pembantu, pos kesehatan desa, kantor camat, kantor desa, polsek, koramil dan masjid.
Untuk sementara, tercatat empat warga dilaporkan tewas dan delapan lainnya luka serius akibat tertimpa reruntuhan bangunan. Para korban yang meninggal dunia dan luka parah itu semuanya berasal dari Kecamatan Bunobogu.
Kecamatan Bunobogu dan Paleleh hanya berjarak kurang lebih 50 kilometer dari pusat gempa berkekuatan 7,7 sr di laut sulawesi pada kedalaman dangkal (sekitar 10 kilometer).(abdee)


0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More