Minggu, 23 November 2008

Korban Gempa Buol Butuh Bantuan


BUOL - Ratusan warga korban gempa di Kabupaten Buol, saat ini sangat membutuhkan uluran tangan pemerintah. Sejak terjadinya gempa yang menghancurkan seribuan rumah di daerah itu, belum satupun bantuan yang datang kepada mereka.

Warga di Kecamatan Bunobogu, yang merupakan daerah paling parah dihantam gempa, mengakui sangat membutuhkan bantuan. Selain bantuan sandang dan pangan, warga juga berharap segera mendapat uluran tangan pemerintah pusat perihal sarana tempat tinggal mereka.
Bupati Buol, H Amran Batalipu mengakui, untuk menangani korban pasca gempa, pihaknya masih berkonsentrasi pada pemenuhan kebutuhan pokok.
Warga yang rumahnya mengalami rusak akibat gempa, saat ini masih membangun kembali rumahnya secara swadaya dibantu warga lain. Pemkab buol sendiri bersama TNI dan Polri baru berencana membangun barak pengungsi yang terbuat dari tenda. Barak yang dibangun sejak hari senin tersebut dipusatkan di kelurahan buol sebanyak tiga local.
Selain barak yang didirikan pemkab, warga juga membangun tenda-tenda darurat di depan rumahnya yang sudah rusak akibat gempa bumi berkekuatan 7,7 scala richter (sr) itu.
Hingga Rabu, ratusan warga yang rumahnya hancur total, masih mendiami tenda-tenda darurat yang dibangun tidak jauh dari tempat tinggal mereka.(abdee)



Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More