Jumat, 13 Februari 2009

Hanya Orang Bodoh Yang Tertipu

Penipuan melalui email sudah menelan banyak korban. Mulai dari transaksi palsu yang mengatasnamakan perusahaan tertentu hingga personal. Jangan langsung percaya kalau menerima email yang menyatakan Anda menang undian lotere. Lebih aneh lagi kalau menyatakan Anda mendapat warisan dari sanak saudara jauh di luar negeri yang ternyata kaya raya. Atau rayuan untuk mengikuti arisan dengan iming-iming mendapat kucuran dana menggiurkan.

Lebih parah lagi kalau disebutkan portal alamat email Anda berada mendadak mengenakan biaya atas fasilitasnya. Yang terakhir ini belakangan mulai marak terjadi. Sebuah email datang seolah-olah berasal dari sebuah portal ternama tempat Anda terdaftar sebagai pelanggan. Lalu Anda mengeklik alamat URL yang tersedia dan diperintahkan melakukan pembayaran online. Tentu saja jerat ini cukup ampuh mengingat Anda dihadirkan pada portal yang seolah-olah asli. Padahal itu portal palsu.
Pelaku penipuan seperti ini bukan hanya ada di luar negeri dengan korban warga Indonesia. Jenis penipuan lainnya yang mengatasnamakan provider tertentu dengan iming-iming hadiah puluhan bahkan ratusa juta rupiah, terjadi hampir tiap hari di Indonesia, bahkan di Sulawesi Tengah.
Menyangkut penipuan lewat email seperti yang diwartakan media ini edisi kemarin, kini sedang diantisipasi oleh sebuah portal raksasa, Yahoo. Sebagai salah satu portal penyedia fasilitas email, Yahoo jelas dibanjiri banyak pelanggan. Membludaknya pelanggan itu pula yang membuat email menjadi sarana riskan untuk dijadikan media penipuan. Untuk mengatasinya, Yahoo! Mail, dan Cisco Systems melakukan kerja sama dalam menghadirkan teknologi autentifikasi yang dirancang guna memerangi penipuan lewat e-mail dengan memverifikasi alamat awal e-mail. Yahoo! dan Cisco bekerja sama untuk mengolaborasikan dua teknologi kriptografi, DomainKeys dari Yahoo! dan Internet Identified Mail dari Cisco.
Gabungan dua teknologi ini akan disebut sebagai DomainKeys Identified Mail (DKIM), dan akan ditawarkan tanpa dikenakan royalti. DKIM merupakan solusi autentifikasi email yang memungkinkan pengguna untuk melindungi diri dari penipuan lewat email, menghalangi spam serta menghalau penipuan phising. Pendekatan ini menggunakan kriptografi public key yang memungkinkan pengguna untuk memverifikasi dan memastikan asal email, serta mengidentifikasi e-mail mana saja yang dapat diterima. DKIM menggunakan Domain Name System (DNS) Internet seperti halnya DomainKeys. DKIM juga meningkatkan kemampuan teknologi Internet Identified Mail guna memastikan email yang dapat melalui jaringan adalah email dengan signature yang konsisten.
Keuntungan yang dirasakan dari penggunaan DKIM akan signifikan bagi perusahaan-perusahaan yang sering mengirimkan email sebagai sarana transaksi bagi pelanggan, seperti bank dan layanan e-commerce. Bagi perusahaan-perusahaan ini, menyediakan kemampuan bagi pelanggan untuk mendeteksi indikasi penipuan lewat e-mail berarti meningkatkan kepuasan pelanggan, mengurangi biaya layanan pelanggan dan meningkatkan reputasi merek.
Nah, semakin canggihnya dunia saat ini, menuntut kita untuk terus mengikuti perkembangannya. Artinya, hanya orang-orang bodoh saja yang mudah tertipu karena sebagai manusia berakal, kita seharusnya bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Jika tidak ingin ditipu, maka kita jangan sampai bodoh. ***

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More