Selasa, 18 September 2007

Sulteng belum Bisa Jadi Tuan Rumah PON

Palu- Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) belum akan bisa menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) karena provinsi dengan ibu kota Palu itu tidak memiliki prasarana olahraga yang sesuai standar nasional.


"Bahkan, kolam renang pun tidak ada. Lantas bagaimana bisa menjadi tuan rumah PON," kata Kabid Humas KONI Sulteng Edison Ardiles di Palu, Jumat (14/9).

Dia mengatakan, sarana olahraga satu-satunya yang cukup memenuhi standar nasional adalah Stadion Sepak Bola Gawalise, karena Sulteng memiliki Persipal Palu yang saat ini masih berkutat di Divisi I Liga Indonesia.

Kalau ingin menjadi tuan rumah PON, katanya, pemerintah setempat harus menyiapkan berbagai sarana dan prasarana olahraga yang memadai.

"Namun, hal itu rasanya sulit terwujud sebab alokasi dana olahraga dari pemerintah daerah saja sampai sekarang masih sangat minim. Pemerintah harus mampu menggandeng pihak swasta untuk dijadikan mitra dalam usahanya mengembangkan dunia olahraga di Sulteng," ujarnya.

Selama ini, lanjutnya, pihak swasta belum banyak memberikan andil dalam dunia olahraga. "Ataukah mereka tidak ingin merugi karena secara bisnis, olahraga di Sulteng belum cukup menjanjikan," katanya.

Selain minimnya dana dan sarana olahraga, menurut Ardiles, kondisi geografis provinsi berpenduduk 2,5 juta jiwa itu juga menjadi salah satu hambatan.AN

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More