Rabu, 22 Agustus 2007

Aminuddin Ponulele Divonis Bebas dalam Korupsi Pengungsi Poso


Mantan Gubernur Sulawesi Tengah, Aminuddin Ponulele, akhirnya divonis bebas oleh majelis hakim Pengadilan Negeri dalam kasus dugaan korupsi penanganan pengungsi pasca kerusuhan di Kabupaten Poso tahun 2001. Putusan bebas dibacakan ketua Pengadilan Negeri Palu dan disambut gembira keluarga dan pengunjung sidang lainnya.

Sidang pembacaan putusan ini dimulai sekitar pukul 12:30 Waktu Indonesia Tengah, dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Palu, Faturrahman didampingi empat anggota majelis hakim. Terdakwa Aminuddin Ponulele yang duduk di kursi pesakitan tampak menyimak dengan seksama pembacaan putusan.

Ketua majelis membacakan vonis yang membebaskan terdakwa dari segala bentuk tuduhan yang sudah tertuang dalam dakwaan jaksa penuntut umum. Aminuddin Ponulele dituduh melakukan korupsi dan penyalahgunaan wewenang selaku Ketua Satkorlak penanganan bencana dan pengungsi pasca kerusuhan Poso silam dengan dugaan korupsi sebesar RP 1,258 miliar lebih. Dana untuk pemulangan pengungsi lebih dari sebelas miliar rupiah untuk pemulangan pengungsi dari Morowali ke Poso sejumlah 5 ribu kepala.

Setelah pembacaan vonis bebas, keluargan dan pendukung Aminuddin Ponulele langsung berdiri dan menyambut gembira. Mereka langsung memeluk dan mencium Aminuddin Ponulele.

Jaksa Penuntut Umum, Ariati SH, mengaku masih pikir-pikir atas putusan vonis bebas majelis hakim. Apalagi masih ada swaktu tujuh hari untuk menentukan sikap sesuai dengan undang-undang.

Sementara itu terdakwa Aminuddin Ponulele sangat bersyukur dengan vonis bebas yang dijatuhkan kepada dirinya. Meski demikian dirinya tidak akan melakukan langkah hukum terhadap pihak-pihak yang telah membuat dirinya tergiring ke meja hijau.

Dalam kasus ini, terseret juga mantan Kepala Dinas Sosial Dan Kesejahteraan Linmas Propinsi Sulawesi Tengah Azikin Suyuti. Namun untuk terdakwa Azikin Suyuti belum memasuki sidang putusan.

1 komentar:

Semoga permasalahannya tidak diperpanjang lagi dengan mencari cela-cela lain :D
----------------------------------

Numpang lewat yah.. karena shoutboxnya te ada jadi kita koment disini diluar topiknya..biasalah cuman mo bilang..

BLOGWALKING EUY... :D :D

jalan-jalan ke www.fritzinfo.com dong
*inviter mode off*
:ngacirnaikojek:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More